Beri Pemahaman Demokrasi, MTSN 1 Kotabaru Undang KPU Kabupaten Kotabaru

Oleh Indra Asmara 20 Feb 2023, 15:42:54 WIB Pendidikan
Beri Pemahaman Demokrasi, MTSN 1 Kotabaru Undang KPU Kabupaten Kotabaru


Kotabaru (MTsN 1 Kotabaru) - Kuatkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, MTsN 1 Kotabaru mengundang KPU Kabupaten Kotabaru sebagai Narasumber dengan tema “Suara Demokrasi”, di lapangan MTsN 1 Kotabaru, Jum’at (10/02/23).

Sebelum KPU menyampaikan pengetahuan tentang demokrasi dan desain pelaksana pesta demokrasi. Kepala Madrasah H. Adi Rosadi, S.Ag MM, memberikan pengarahan kepada seluruh siswa untuk menyerap informasi tentang kepemiluan, Jumat (10/2/2023 di lapangan MTsN 1 Kotabaru. “Ikuti dan mencermati apa yang disampikan oleh narasumber nanti karena akan dipraktikkan dalam Pemilihan Ketua OSIM,” ujar Kamad.

Guna mendukung Projek P5 dan Pesta Demokrasi OSIM, pada hari yang sama KPU diwakili Dodi  Rusmana yang menjabat sebagai  Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM.

Diarahanya Dodi menjelaskan Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka secara langsung atau melalui perwakilan.

Demokrasi Pancasila terangnya, bertujuan untuk mengutamakan keselarasan, keseimbangan, dan keselamatan bangsa di atas kepentingan pribadi maupun golongan. “Hak untuk mengeluarkan pendapat harus dilakukan dengan mengindahkan norma sosial dan hukum yang berlaku” Ucapnya. Lanjut Beliau “Hak berpendapat selalu diiringi dengan kewajiban menghargai pendapat orang lain,” pungkasnya.

Selain penyampaian secara langsung, Dodi juga memutarkan contoh vidio pemilihan ketua OSIM dan setelah pemutaran vidio tersebut, Dodi menyampaikan supaya pada saat pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM jangan sampai golput, "Pilih calon yang dianggap visi misinya  pas dengan hati," pungkasnya.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment